Jokowi: Pembangunan Bandara Baru Yogyakarta Tercepat di Dunia


Presiden Jokowi menyebut pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo merupakan yang tercepat di dunia. Jokowi menilai perkembangan pembangunan bandara tersebut sangat cepat.
Bandara Internasional Yogyakarta mulai dibangun pasa Januari 2017. Dalam kurun waktu dua tahun, bandara yang memiliki luas 219.000 meter persegi ini telah mencapai 74 persen.

"Ini adalah pekerjaan pembangunan airport yang paling cepat di Indonesia, mungkin juga di dunia," ujar Jokowi usai meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kamis (29/8/2019).
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menilai kualitas pembangunan bandara tersebut sangat baik.

Salah satu keunggulan bandara tersebut memiliki landasan pacu terbaik di Indonesia sehingga mampu didarati dengan pesawat berbadan besar seperti, Boeing 777.
"Memang kualitas runway-nya sebuah kualitas yang padat," ucap .
Jokowi mengatakan bahwa Bandara Internasional Yogyakarta dapat menampung 20 juta orang setiap tahunnya. Hal ini berbanding jauh dengan Bandara Adisutjipto yang hanya dapat menampung 1,8 juta orang.

Selesai Akhir Tahun


Jokowi menjelaskan, pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta direncanakan selesai pada Desember mendatang. Setelahnya, bandara tersebut bakal terkoneksi juga dengan kereta.
Selain kereta, Bandara Internasional Yogyakarta akan terkoneksi dengan jalan tol. Untuk pembangunan kereta bandara, Jokowi meminta agar dipercepat sehingga bisa digunakan untuk arus mudik Idul Fitri 2020.
"Sehingga Lebaran 2020 sudah bisa operasi full 100%,” kata dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini : 

Sumber : https://www.liputan6.com/news/read/4049931/jokowi-pembangunan-bandara-baru-yogyakarta-tercepat-di-dunia?source=search
Share:

Recent Posts